Pages

12.4.10

Uji Matematis (1)


Baru tau, ternyata Microsoft excel bisa digunakan untuk uji matematis yang dipakai dalam kegiatan audit seorang auditor. Ada berbagai cara yang digunakan, seperti: dengan formula, conditional formatting, data validation, dsb.
Uji matematis yang akan dicoba kali ini adalah conditional formatting. Conditional formatting bertujuan untuk menampilkan "perhitungan yang salah melalui formula yang telah ditentukan" dengan cara yang berbeda.
Mari kita coba conditional formatting.
Sebelum mencoba, silakan download bahan latihannya di sini. Let’s start…
a.    Ekstrak file yang telah didownload
b.   Buka file yang telah di ekstrak dengan Microsoft excel (yang saya pakai adalah versi 2007)
Pada file ini, saya akan mencoba untuk mengetahui apakah cell total sudah benar. Di mana dalam hal ini, cell total harus sama jumlahnya dengan penambahan cell penjualan dan cell PPN.

c.    Blok seluruh cell, dari A s.d. H. Lalu ke menu Home, pilih Conditional Formatting

d.   Setelah keluar pilihan seperti di atas, pilihlah New Rule...(ingat cell A s.d.H masih dalam keadaan terblok), maka akan keluar jendela sebagai berikut:

e.   Setelah keluar jendela seperti di atas, pada bagian Select a rule type, pilihlah Use a formula to determine which cells to format. Secara otomatis jendele berubah menjadi:

f.     Selanjutnya masukkan formula yang ingin di cek pada bagian Format Values where the formula is true. Masukkan formula dengan hanya menunjuk kursor pada baris pertama tiap cell. Sehingga menjadi:

Arti dari formula tersebut adalah penjumlahan E1 ditambah G1 tidaklah sama dengan H1. Namun, agar formula ini dapat digunakan pada baris** berikutnya, jangan lupa menghapus tanda dollar ($) di depan angka rumus, sehingga formula menjadi:

g.    Selanjutnya pilih Format…, maka akan keluar jendela sebagi berikut:

Pada bagian ini, kita dapat menentukan bagaimana kondisi dari cell** yang mengandung kesalahan akan ditampilkan. Kita dapat menyesuaikan Jenisnya, Font, Border, atau fill-nya. Untuk kali ini, saya mencoba hanya mengkondisikan cell** pada bagian Fill dengan memilih warna kuning dengan mengklik warna kuning pada pilihan warna.


h.   Setelah memilih warna klik OK, maka akan kembali pada jendela New Formatting Rule. Kemudian, klik OK lagi. Jika proses di atas benar maka aka nada perubahan pada jendela excel, di mana akan ditunjukkan bagian yang salah sesuai dengan formula yang dimasukkan.

i.     Baris pertama dan kelima ditandai warna kuning mengapa, karena penjumlahan antara kolom E (penjualana) dan G (PPN) tidak sama jumlahnya dengan kolom H (Total)

2 comments:

kuliahhurahura mengatakan...

Mantabs gan...

Ijin belajar excel di mari.. :D

taufiktanjung mengatakan...

Trims...
Silakan**,, moga** bisa ngerti ya...saya juga masih coba**