Pages

12.4.10

Uji Matematis (2)


Pada tulisan sebelumnya di Uji Matematis (1), telah ditulis salah satu teknik yaitu conditional formatting. Ternyata ada cara lainnya, yaitu Data Validation. Walaupun ada kekurangaannya, yaitu hanya bisa diakui kevalidannya sampai pada baris ke-255 (kalo gak salah yak). Namun, layak di coba lah…
Sama halnya dengan conditional formatting, data validation juga menampilkan kesalahan dengan cara yang berbeda. Perbedaannya, kalau di conditional formatting kita memasukkan rumus yang salah untuk diuji, sedangkan di data validation kita menggunakan formula yang benar untuk menguji kesalahan.
Daripada panjang lebar, mari kita tes nyok.
Seperti biasa, sebelum mencoba, silakan download bahan latihannya di sini. Let’s start…


a.    Ekstrak file yang telah didownload
b.   Buka file yang telah di ekstrak dengan Microsoft excel (yang saya pakai adalah versi 2007)

Pada file ini, saya akan mencoba untuk mengetahui apakah cell total sudah benar. Di mana dalam hal ini, cell total harus sama jumlahnya dengan penambahan cell penjualan dan cell PPN.
(COPAS dari postingan sebelumnya :)
c.    Pilih kolom yang akan diuji. Pilih kolom H (total)

d.   Masih dalam keadaan terblok, pilih menu Data, kemudian pilih Data validation

e.   Setelah keluar pilihan seperti di atas, pilih Data Validation…, maka akan keluar jendela baru.
f.     Setelah itu, pilih tab Setting, dan pada bagian valuation criteria, pada isian Allow ganti menjadi Custom.

Pada bagian formula, karena kita ingin melihat kebenaran kolom H (penjualan) dibandingkan dengan penjumlahan Kolom E(penjualan) dan Kolom G(PPN), maka arahkan kursor ke baris pertama tiap** kolom. Sehingga isian formula menjadi:

g.    Setelah mengetikkan formula, klik OK. Setelah itu akan keluar box pertanyaan tentang formula yang di-input, pilih Yes. 

h.   Pada layar akan terlihat seperti pada gambar pada point b.
i. Untuk mem-validasi data dengan formula yang telah dimasukkan. Pilih menu Data→Data Validation→Circle validation data.

j.     Baris pertama dan kelima dilingkari merah, mengapa? karena penjumlahan antara kolom E (penjualan) dan G (PPN) tidak sama jumlahnya dengan kolom H (Total)

Btw, lingkaran ini akan hilang sendirinya dalam beberapa saat, sehingga kita perlu masuk ke bagian Circle Validation Data lagi untuk melingkari bagian yang salah.

0 comments: