Pages

24.4.10

Fakta Menarik tentang Bersin


Bersin terjadi dengan cepat dan tiba**. Sebenarnya bersin merupakan suatu proses yang sangat rumit, di mana beberapa organ bekerja sekaligus dalam waktu yang bersamaan. Ups…saya bukan mw cerita tentang prosesnya bersin tapi ada beberapa fakta menarik yang terkait dengan bersin kita.
1.    Nama lain bersin adalah sternutation
Kata ini bersin terdengar seperti prosedur medis yang serius, tapi sebenarnya hanya cara lain untuk mengatakan bersin. Ketika sesuatu menggelitik lapisan hidung, saraf terletak di sana mengirim sinyal ke otak, yang memulai rangkaian pesan ke bagian lain dari tubuh-dada, perut, wajah, kelopak mata, kelenjar lendir di hidung, bekerja sama untuk mengusir zat penyebab iritasi tersebut. Namun, ketika kita tidur, saraf tersebut beristirahat. Oleh karena itulah, kita tidak bersin sementara kami tunda.

2.    Kita tidak bisa bersin dan mata tetap terbuka dan tidak ada seorang pun tahu mengapa.
Para ilmuwan masih belum jelas tentang mengapa mata secara refleks menutup selama bersin. Beberapa ahli percaya bahwa itu adalah adaptasi evolusi yang bertujuan untuk melindungi mata kita dari partikel apapun yang datang terbang keluar dari hidung dan mulut ketika kita bersin. Sedangkan yang  lain menyatakan bahwa itu hanya salah satu dari banyak kontraksi otot yang terjadi selama perkembangan tersebut.

3.    Bagaimana mungkin bersin dapat menggambarkan sesuatu tentang seseorang.
Mungkin ada sebagian dari kita yang tidak percaya bahwa bersindapat menggambarkan tentang diri seseorang. Namun, ahli bahasa tubuh Patti Wood mengatakan sebaliknya. Dia melakukan penelitian yang disponsori Benadryl terhadap 547 orang terkait kebiasaan bersin mereka. Dari penelitiannya, maka terdapat empat jenis bersin yang bisa menjadi indikator kepribadian.
•    The "correct", orang** yang membawa tisu dan berhati** untuk menutup mulut ketika bersin, berarti dia menghormati orang lain dan menghargai orang lain.
•    The "Supporter" cenderung untuk menahan bersin ketimbang melepas bersin bersin, yang menunjukkan karakter yang tenang dan penuh perhatian.
•    The "Expressive" mengeluarkan suara yang keras ketika bersin dan beberapa kali bersin dalam waktu yang berdekatan, menunjukkan bahwa ia adalah seseorang yang mengesankan dan suka mendominasi orang.
•     The “Driver " bersin keras tapi cepat, orang yang berpikiran maju dan tidak suka bertele**.

4.    Tidak hanya merica dan serbuk sari yang membuat kita bersin.
Debu, serbuk sari, dan merica dianggap sebagai pemicu bersin paling umum, namun demikian bukan berarti satu-satunya penyebab. Aroma tajam dan fluktuasi suhu, terutama udara dingin, dapat membuat kita bersin juga. Mencabut alis juga memicu bersin pada beberapa waktu karena dapat merangsang saraf di daerah terhubung ke hidung. Menggosok mata seseorang dan jerawat muncul menyebabkan reaksi yang sama untuk alasan yang sama.
Sekitar satu dari tiga orang bersin saat terkena cahaya terang, suatu sifat yang diturunkan yang disebut bersin yg berhubung dgn cahaya atau sindrom ACHOO (Autosomal Dominant Compelling Helio-Ophthalmic Outburst. Ada juga snatiation yaitu istilah yang digunakan untuk menggambarkan beberapa bersin terjadi setelah makan besar, atau yang disebabkan genetika.

5.    Partikel yang dilepaskan ketika bersin bergerak sangat cepat.
Hembusan bersin seseorang dapat memiliki kecepatan sampai seratus mil per jam. Partikel dan ludah yang dilepas ketika kita bersin dapat berpindah hingga lima meter jauhnya, sehingga lebih baik untuk menutup mulut dan hidung agar tidak mengganggu orang** di sekitar kita. Bahkan jika tidak ada yang berdiri tepat di sebelah kita, bakteri yang dikirim ke udara melalui bersin dapat menyebar hingga 150 meter jauhnya.

6.    Kepercayaan terkait bersin
Ada banyak takhayul tentang bersin, Di Romawi kuno dan Yunani, bersin di sebelah kanan adalah tanda keberuntungan dan bersin ke kiri adalah tanda kesialan. Ada juga yang menyatakan bahwa bersin adalah upaya jiwa meninggalkan tubuh. Dalam film The Simpsons diceritkan, "Bila Anda bersin, jiwa Anda mencoba melarikan diri. Maka, dengan berkata "Tuhan memberkati Anda" maka jiwa akan kembali masuk". (Kalo yang ini kayaknya bener** ngaco…parah beud dah)

Sumber:
http://www.care2.com/greenliving/fascinating-facts-about-sneezing.html

0 comments: