Pages

18.4.10

Pemimpin yang Melayani

Mengingat pentingnya peranan pemimpin dalam suatu organisasi atau kelompok, maka menjadi sebuah hal yang sangat diidam-idamkan oleh banyak pihak terutama anggota organisasi terhadap munculnya sosok pemimpin yang ideal dalam organisasi atau kelompok tempat dia berada sekarang. Ada banyak sekali kriteria pemimpin yang ideal. Salah satu contoh pemimpin yang ideal adalah pemimpin yang melayani. Adanya harapan yang besar di masyarakat akan munculnya sosok pemimpin yang melayani ini menyebabkan kepemimpinan yang melayani (servant leadership) berkembang menjadi salah satu gaya kepemimpinan di masyarakat. 
Seorang pemimpin yang melayani merasa wajib melayani anggotanya dahulu lalu muncul dorongan kepadanya untuk memimpin. Akan tetapi, kondisi saat ini menunjukkan bahwa sebagian besar pemimpin yang ada belum memenuhi harapan akan pemimpin yang melayani. Masih sangat sulit untuk mendapatkan sosok pemimpin yang melayani. Hampir semua pemimpin yang ada saat ini menganggap dirinyalah yang semestinya dilayani oleh anggota kelompok atau organisasi yang dipimpinnya karena merasa dirinya sebagai seseorang yang sangat istimewa dan tinggi kedudukannya dalam sebuah organisasi.

17.4.10

Depresiasi via MIcrosoft Excel

Penyusutan atau Depresiasi adalah proses pengalokasian harga perolehan (cost) aktiva tetap menjadi biaya selama masa manfaat (life) dengan cara rasional dan sistematis.

Karena Aktiva tetap (kecuali tanah) yang digunakan akan cenderung semakin menurun baik fisik maupun fungsinya.

Akuntansi Penyusutan adalah suatu sistem akuntansi yang bertujuan memberikan harga atau nilai dasar (cost) dari aktiva tetap berwujud, dikurangi dgn nilai sisa/residu (salvage) selama masa manfaat (life) aktiva tersebut.

Sehingga pada bahasan modul kali ini akan membahas faktor yang menentukan penyusutan, metode penyusutan, dan penerapan fungsi dan rumus untuk menghitung penyusutan aktiva.

FAKTOR YANG MENENTUKAN PENYUSUTAN

Faktor faktor yang menentukan besarnya biaya penyusutan atau Depresiasi, yaitu :
Harga Perolehan (Cost)
Nilai Sisa atau Residu (Salvage)
Masa Manfaat atau umur Ekonomis (Life)

Teknik Membandingkan (1)


Kegiatan audit, tidak pernah lepas dari yang namanya membanding-bandingkan. Membandingkan antara yang tercatat dengan yang real, membandingkan dokumen tertentu satu dengan yang lain, dsb. Agar dapat efisien dan efektif, auditor harus tahu dokumen apa yang akan dibandingkan, dan unsur** apa yang dibandingkan. Jika telah mengetahuinya maka, dijamin pekerjaan akan jadi lebih mudah.
Kuliah beberapa hari yang lalu, dijelaskan penggunaan Microsoft excel dalam hal membandingkan satu dokumen dengan dokumen lainnya. Ada beberapa cara yang digunakan, antara lain dengan menggunakan fungsi VLOOKUP, conditional formatting, data validation, dan fungsi IF.
Daripada, panjang lebar lebih baik kita coba nyok. Sebelumnya download filenya di sini