Pages

24.3.10

Logo Starbucks yang Berbeda

Siapa yang tidak kenal Starbucks? Starbucks Corporation adalah sebuah jaringan kedai kopi dari Amerika Serikat yang bermarkas di Seattle, Washington. Starbucks adalah perusahaan kedai kopi terbesar di dunia, dengan ribuan kedai di puluhan negara.Starbucks menjual kopi, minuman panas berbasis espresso, minuman dingin dan panas lainnya, makanan ringan, serta cangkir dan biji kopi.

Namun, pernahkah kita perhatikan beda logo Starbucks yang ada pada umumnya dengan yang ada di Saudi Arabia? Logo Starbucks yang kita lihat pada umumnya adalah gambar seorang wanita (baca: mermaid/putri duyung) berambut panjang, tersenyum, dan memakai mahkota di kepalanya. Namun ada yang berbeda dengan logo Starbucks yang ada di Saudi Arabia. Logonya tidak lagi menggunakan gambar seorang wanita bermahkota, melainkan hanya mahkota dengan empat bintang, dua di kanan dan dua di kiri.
Penukaran logo ini dimulai pada September tahun 2000. Hal ini terjadi karena pemerintah di sana tidak mau menerima pengaruh buruk dengan gambar wanita yang ada di logo tersebut, yang tidak menutup aurat. Hal ini tidak sesuai dengan syariat Islam yang mengaharuskan wanita untuk menutup aurat mereka. Lihat saja wanita di Saudi Arabia yang menggunakan Penutup Kepala dan juga Cadar (Veil).
Untuk masalah ini pemerintah Saudi Arabia sampai menurunkan Muttawa (sejenis Polisi), untuk mengawasi penukaran logo di sana. Penukaran logo ini mengharuskan Starbucks untuk menukar semua logo Starbucks di Saudi yang ada di plastik, gelas kertas, kantung-kantung kopi, berikut celemek (apron) yang digunakan oleh para pegawai.

Sumber:
http://www.freerepublic.com/focus/news/669098/posts
http://www.debbieschlussel.com/86/starbucks-yes-france-non/

0 comments: